NIKMATNYA SEDEQAH 1

NIKMATNYA SEDEQAH 2

NIKMAT NYA SEDEQAH 3

NIKMATNYA SEDEQAH 4

NIKMATNYA SEDEQAH 5

Yusuf Manshur

Biarkan Tulang Rusuk Berbagi

18 Aug 2009 ·

Novel Penyingkap Poligami
Karya:Teguh Hudaya
ke 3
“Baik-baik saja, kemerin sore menemani umi pergi ke kantor Desa “ucapku pada kakakku yang jarang tidur di rumah. Arini adalah perempuan lugu yang sering memperhatikanku. Semenjak aku SMU sampai sekarang kebaikannya selalu aku rasakan meski akhirnya aku bosan karena aku tak bisa membalasanya, materi ataupun non materi, ketika aku kuliah ia pernah menyampaikan perasaannya kepadaku, tapi aku tak menanggapinya, aku mencuekannya sehingga suasana cair kembali.

Kulihat Syam terdiam kala aku menjawab dingin tentang Arini. Yah, itulah lelaki yang tak bosan menasehati agar aku menikahi Arini. Menyinggung masalah keluarga, sebenarnya lelaki ini jugalah yang cukup sabar menerima keadaan ini, meski masih sering tidur di luar rumah. Ia tak tahan apabila sudah mendengar piring pecah atau kuali membentur tembok, dimana saat perkelahian ayah dengan umi sedang terjadi. Tentang ibu Tia, sampai sekarang, semuanya tak ada yang tahu siapa sebenarnya ibu Tia… kecuali aku dan ayahku!

“Bos.. mari pulang… sudah dzuhur”Ajakku ketika kudengar gema adzan bersahutan memecah kampung antar kampung


============================
Biarkan Tulang Rusuk Berbagi


Satu tahun yang lalu ...


"Bahaya.. bahaya.."

"Benar-benar bahaya...!"

Benar-benar diluar dugaan, yah di luar dugaan. Surat Arini kali ini bercerita ayah menikah lagi. Dari setumpuk surat yang datang tema inilah yang membingungkanku untuk bertindak. Lebih terkejut, ketika di akhir surat umi meminta cerai karena tak mau dimadu.

Kosan berlantai dua seolah ambruk didepak kata-kata cerai. Pohon palem tumbang memalang ke arah jalan. Mobil dan motor mendadak terhenti di rumah bu Leha. Aku terenyuh mengendus ketidakberesan ini. Kulihat di luar jendela, angin sore berhembus deras. Di luar kamar, semua kawanku seolah langsung terdiam menutup tuntas bacaannya, seperti terseret hembus angin utara. Mata mereka tertutup meram.

Perkara apaan ini?? makna poligami menguras otakku, sebuah deretan huruf sakral yang belum banyak dipahami keluargaku. Di dalam kamar ini kubuang nafas perlahan-lahan. Alasan ayah menikah lagi sudah dapat kuprediksi, pertama, selingkuh perkara najis dalam agama, solusinya menikahinya lalu dengan diam menduakan istri pertama. Dua, selingkuh perkara buruk dalam agama, solusinya menikahinya lalu menceraikan istri pertamanya, Tiga, selingkuh adalah perkara biadab dalam agama, tak ada solusi kecuali melanjutkan kembali perselingkuhannya. Nah, mungkin saja jalan yang diambilnya adalah berpoligami, meski dirinya harus menelan resiko dari ibuku. Kufikir, jalan seperti itulah yang dianggapnya toleran dari yang tiga itu. Aku terus bersungut dalam hati. Kembali kubuang nafas di kamar ini.

Ayah kaya materi, betul! tapi untuk kaya hati, aku belum mengetahuinya, yah, boleh saja untukku dan untuk keluargaku ayah bisa menyuplai dua kekuatan, tapi jika sudah tahap menduakan istri? aku meragukannya. bersambung



Baca juga yang ini....



Widget by autolovers | Kodokpinter

0 comments:

KCB 2

Bukan Superstar

http://detikmasisir.blogspot.com/ Adalah wahana informasi mahsiswa yang berada di mesir , untuk saling sharing ide, gagasan dan menampilkan ajang kegiatan event masisir. untuk mengirim tulisan berupa artikel, cerpen , berita, silahkan kirim ke email : detikmasisir@yahoo.com dan untuk memasang iklan anda di blog kami silahkan kontak 0113448053.kunjungi kami tiap hari-karena kami selalu up date. thank you............. .................................................

Archives

Followers